Help me find

in

Celebrating Life's Precious Moment

5 Hidden Myths About Marriage You Should Know

21 December 2018 Lifestyle
5 Hidden Myths About Marriage You Should Know

Indonesia adalah negara berkembang yang masih memegang erat nilai, norma, dan tradisi adat. Oleh sebab itu, seringkali orang-orang Indonesia masih memegang teguh mitos-mitos dan kepercayaan yang sebenarnya tidak selalu benar, terutama terkait dengan pernikahan.

 

Anda pasti pernah mendengar beberapa mitos mengenai pernikahan bahagia dan bagaimana kehidupan sepasang kekasih setelah berkomitmen ke jenjang yang lebih tinggi. Melalui artikel ini kami memberikan beberapa mitos yang salah mengenai pernikahan dan apa yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan berumah tangga.

 
Pasangan suami istri yang bahagia tidak pernah bertengkar

Tahukah Anda bahwa pasangan yang tidak pernah bertengkar adalah pertanda bahwa mereka tidak pernah menyelesaikan masalah yang ada diantara mereka? Seorang ahli meneliti 350 pasangan selama 28 tahun dan hasilnya cukup mengejutkan, kebahagiaan pasangan selalu berdampingan dengan pertengkaran. Menurutnya, yang membedakan pernikahan tersebut bahagia atau tidak adlaah kemampuan suami dan istri untuk belajar mengatasi konflik dan perbedaan yang ada dengan komunikatif dan cara yang sehat. Penelitian yang dilakukan oleh University of Tennessee ini juga menunjukkan bahwa pasangan yang pernah bertengkar justru lebih bahagia dalam jangka waktu yang panjang.

 
Pasangan suami istri yang bahagia selalu melakukan segala hal bersama

Menghabiskan waktu bersama dan saling berbagi memang sangat baik, tetapi memiliki quality time dengan diri sendiri juga merupakan sebuah keharusan yang akan membuat diri Anda dan pasangan menjadi lebih sehat. Selalu memaksakan diri mengikuti pasangan akan membuat Anda menjadi sering mengeluh dan dapat menganggu hubungan pernikahan.

 

Pasangan yang memiliki anak jauh lebih bahagia dibanding pasangan yang tidak memiliki anak

Penelitian dari unikted Kingdom’s Open University menyatakan bahwa pasangan suami istri yang tidak memiliki anak justru memiliki kehidupan asmara yang lebih bahagia dan sejahtera. Bukan berarti pasangan yang memiliki anak tidak memiliki kehidupan asmara yang bahagia, hal ini hanya menunjukkan bahwa semakin banyak kewajiban dan tanggung jawab yang harus mereka penuhi (misalnya menjadi pasangan, orang tua, karyawan, dll), semakin sedikit pula quality time yang dapat mereka habiskan dengan pasangan mereka.

 

Memiliki anak menjadi goals dari pasangan yang telah menikah

Setiap pasangan tidak selalu menikah untuk dapat memiliki dan membesarkan anak. Selain itu, tidak ada pula buku/ hukum yang mengharuskan pasangan menikah untuk segera memiliki anak. Pasangan bebas untuk menentukan goals yang sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan mereka dalam pernikahan.

 

Pasangan suami istri membutuhkan privasi masing-masing (Saya tidak perlu memberi tahu pasangan saya tentang semua hal)

Hal ini memang banyak diperdebatkan oleh banyak orang dan sangat vital untuk kehidupan pernikahan yang bahagia. Sesuatu yang disembunyikan adalah musuh besar dari kehidupan pernikahan. Jika Anda ingin kehidupan pernikahan yang sehat, Anda dan pasangan harus memiliki transparansi dan kepercayaan total, hal ini berarti tidak saling menyimpan rahasia atau apapun yang tersembunyi. The healthiest couples value transparency over privacy. They place their RESPONSIBILITY to their spouse ahead of their RIGHTS to privacy.

  • Share