Help me find

in

Celebrating Life's Precious Moment

Serupa Namun Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Moissanite dan Berlian

29 August 2018 Need to Know, Inspiration
Serupa Namun Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Moissanite dan Berlian

Diamonds are a girl’s best friend!
Kita semua khususnya wanita mengetahui berlian dan daya tariknya yang memukau. Berlian adalah batu mulia favorit yang kerap digunakan sebagai perhiasan yang bisa dikenakan dalam segala kesempatan. Karena popularitas dan harga berlian yang terus meningkat, ada saja orang yang berusaha untuk meniru dan membuat berlian sintetis dengan menggunakan batu lainnya sebagai alternatif.

 

Moissanite adalah salah satu zat yang terlihat hampir sama seperti berlian, dan memiliki kilau yang membuat mereka sesuai untuk dijadikan pengganti berlian. Karena semakin banyak orang yang sulit membedakan moissanite dan berlian, dalam artikel ini Adelle Jewellery akan membahas perbedaan antara keduanya.

 

Apa itu Moissanite?

Ada beberapa upaya yang dilakukan ilmuwan untuk menciptakan sesuatu yang serupa dengan berlian, namun tidak ada yang begitu sukses seperti batu Moissanite. Pada abad ke 20, Dr. Henry Moissan menemukan sebuah zat yang sangat indah yang berasal dari meteroit yang bernama Silikon Karbida. Zat inilah yang menjadi cikal bakal pembuatan batu moissanite. Nama “Moissanite”-pun kemudian diambil dari nama Dr. Henry Moissan yang berhasil menemukan zat utama pembentuk batu tersebut.. Karena zat ini ditemukan sangat langka dan sedikit di alam, maka kebanyakan batu moissanite dibuat di laboratorium dengan senyawa yang sama seperti Silikon karbida.

Saat ini batu moissanite diciptakan dengan berbagai bentuk dan ukuran dan banyak digunakan sebagai alternatif berlian dalam perhiasan.

 

Apa itu Berlian?


Berlian berasal dari bagian terdalam gunung berapi yang mengandung atom dan karbon. Batu ini terbawa naik ke permukaan bumi melalui letusan volkanik dan pertama kali muncul di permukaan bumi sekitar 1 – 3,3 miliar tahun yang lalu. Berlian terkenal sebagai batu berlian yang cukup digemari karena daya tahan dan kilaunya, batu ini sangat aman sebagai media investasi.

 

Perbedaan Moissanite dan Berlian

 

  • Ketahanan batu mulia diukur menggunakan Mohs Scale yang mengukur ketahanan batu dari goresan. Mohs Scale dimulai dari nilai 0 sampai nilai 10 sebagai angka sempurna. Moissanite memiliki daya tahan 9,25 sementara berlian adalah batu yang memiliki tingkat kekerasan sempurna yatu 10.

 

  • Moissanite yang memiliki grade “colorless” masih memiliki sedikit rona kuning atau abu-abu jika dilihat pada cahaya tertentu. Semakin besar batu moissanitenya, maka akan semakin terlihat warna lainnya. Hal ini berbeda dengan berlian yang memiliki grade “colorless”, berlian “colorless” memiliki rona dan tampilan yang terang sempurna.

 

  • Moissanite dan berlian memancarkan cahaya yang berbeda. Moissanite menghasilkan efek pelangi dibawah sinar matahari sedangkan berlian menghasilkan jenis cahaya khas yang tidak dimiliki batu manapun.

 

  • Moissanite memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibading berlian. Harga dari moissanite hanya ditentukan dari berat/ ukurannya dan jenis batunya sementara berlian memiliki kriteria yang jauh lebih rumit seperti cut, color, clarity, carat dan ukuran berlian itu sendiri. Berlian memiliki harga yang cukup mahal karena pembuatannya yang membutuhkan waktu bertahun-tahun dan melewati tahapan proses yang cukup panjang.

 

 

 


 

 

  • Share